Fungsi dan Kegunaan Multimeter

Fungsi, Kegunaan Multimeter dan Hasil Kesimpuan Percobaan 



Multimeter Digital



Fungsi dan Kegunaan Multimeter

Multimeter adalah alat yang berfungsi untuk mengukur Voltage (Tegangan), Ampere (Arus Listrik), dan Ohm (Hambatan/resistansi) dalam satu unit. Multimeter sering disebut juga dengan istilah Multitester atau AVOMeter (singkatan dari Ampere Volt Ohm Meter).
Berfungsi untuk mengukur tegangan listrik, arus listrik, dan tahanan (resistansi). Multimeter juga dapat digunakan untuk fungsi lainnya seperti mengukur temperatur, induktansi, frekuensi, dan sebagainya.



Hasil kesimpulan dari percobaan ini

Multimeter dapat di operasikan dengan sakelar banyak posisi, meter dapat di ubah menjadi Amperemeter, Voltmeter dan Ohmmeter secara cepat dan mudah. Multimeter analog biasanya di gunakan untuk mengetahui baik atau tidaknya suatu komponen di karenakan apabila mengukur nilai suatu komponen, multimeter analog kurang akurat dalam hasil pengukurannya. Kalibrasi adalah cara yang di lakukan untuk mengembalikan kedudukan jarum pada kedudukan nol.
Kelebihannya adalah mudah dalam pembacaannya dengan tampilan yang lebih simple. Sedangkan kekurangannya adalah akurasinya rendah, jadi untuk pengukuran yang memerlukan ketelitian tinggi sebaiknya menggunakan multimeter digital. Multimeter digital memiliki akurasi yang tinggi, dan kegunaan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan multimeter analog. Yaitu memiliki tambahan-tambahan satuan yang lebih teliti, dan juga opsi pengukuran yang lebih banyak, tidak terbatas pada ampere, volt, dan ohm saja.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.