Program Mengenai Unary Operator di Bahasa C






Kali Ini Saya menjelaskan Program Unary dalam bahasa C.


Pengertian, Macam-macam, dan Penggunaan Operator Unary Dalam Bahasa C
Operator Onary



A. Increment

Increment merupakan suatu proses menaikkan suatu bilangan dengan nilai 1(satu). adapun operator dalam bahasa C yang digunakan untuk melakukan proses tersebut adalah operator ++. Operator ++ ini disebut dengan operator increment. contoh apabila kita memiliki veriabel K yang bertipe int dengan nilai 5,  maka setelah operasi ++a atau a++, maka nilai akan bertambah satu, yaitu menjadi 6. dalam bahasa C, Increment terbagi dalam dua bagian, yaitu Pre-Incement dan Post-increment. berikut penjelasan nya.

A. 1.Pre-Increment

Pre-Increment bearti menaikkan nilai yang terdapat pada sebuah veriabel sebelum nilai dari veriabel tersebut diproses di dalam program. operator ++ akan di anggap sebagai pre-increment apabila dituliskan di depan nama veriabel atau nilai yang akan dinaikkan.
Contoh : misalnya kita memliki veriabel K bertipe int dengan nilai 5 dan kita disiini akan melakukan proses terhadap veriabel tersebut dengan cara menampilkan nilainya ke layar monitor. apabila kita melakukan operasi Pre-increment yaitu menuliskan ++K, maka nilai K akan dinaikan terlebih dahulu sebelum nilai tersebut ditampilkan ke layar. hal ini menyebakan nilai yang akan ditampilkan adalah 6.
Contoh Program nya.


Maka Hasilnya Seperti ini :

Hasil

Dari tersebut kita dapat lihat bahwa nilai a adalah 5, kemudian nilai ++K adalah 6. ini disebakan karena pada operasi ++K. nilai 5 dinaiikan dahulu sebelum ditampilkan. disiini nilai x adalah 6 sehingga pada saat pemanggilan berikuntnya juga bernilai 6.



A. 2. Post-Increment

Post-Increment bearti menaikkan nilai yang terdapat pada sebuah veriabel sebelum nilai dari veriabel tersebut diproses di dalam program. pada post-increment operator ++ ditulis setelah veriabel atau nilai yang akan dinaikkan.
Contoh : kita memiliki veriabel K yang nilai nya 5, maka nilai K++ yang akan ditampilkan di layar adalah 5 (bukan 6). kenapa ? ini disebabkan karena nilai dari veriabel K tersebut akan ditampilkan terlebih dahulu, selanjutnya baru dinaikkan nilainya. untuk lebih jelas mari kita lihat program bawah ini.


Maka hasilnya seperti ini :

Hasil





B. Decrement


Decrement merupakan kebalikan dari increment, yang merupakan proses penurunan nilai dengan nilai 1. decrement juga dibagi menjadi dua macam, yaitu pre-decrement dan post-decrement. namun di sini kita tidak akan membahas tentang kedua jenis decrement tersebut karena konsep nya sama dengan Pre-increment dan Post-increment. untuk lebih memahaminya. berikut ini program yang menunjukan operator decrement.


Maka Hasilnya :

Hasil 
Untuk Pre-decrement nilai awal x adalah 5 jadi nilai --x adalah 4 dan nilai x akhir adalah 4

Untuk Post-decrement nilai awal y adalah 12 jadi nilai y-- adalah 12 dan nilai y akhir adalah 11



Inilah penjelasan mengenai Unary Operarator. 

Daftar Pusaka :
-  Cara Mudah Mempelajari Pemograman C & Implementasinya. Oleh I Made Joni Budi Raharjo. Diakses Pada Tanggal 13 Oktober 2016 jam 5:20 WIB.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.