Cara Menampilkan Database pada CMD

Sedikit Penjelasan Tentang Database Management Sistem(DBMS)
yaitu sistem penorganisasian dan sistem pengolahan Database pada komputer. DBMS atau database management system ini merupakan perangkat lunak (software) yang dipakai untuk membangun basis data yang berbasis komputerisasi.

DBMS (Database Management system) ini juga dapat membantu dalam memelihara serta pengolahan data dalam jumlah yang besar, dengan menggunakan DBMS bertujuan agar tidak dapat menimbulkan kekacauan dan dapat dipakai oleh user sesuai dengan kebutuhan.

DBMS ialah perantara untuk user dengan basis data, untuk dapat berinteraksi dengan DBMS dapat memakai bahasa basis data yang sudah di tentukan oleh perusahaan DBMS. Bahasa basis data umumnya terdiri dari berbagai macam instruksi yang diformulasikan sehingga instruksi tersebut dapat di proses oleh DBMS.

Perintah atau instruksi tersebut umumnya ditentukan oleh user, adapun bahasa yang digunakan dibagi kedalam 2 (dua) macam diantaranya sebagaimana di bawah ini:
1. DDL (Data Definition Language)

Yang pertama adalah bahasa DDL atau kepanjangannya Data Definition Languange, yaitu dipakai untuk menggambarkan desain dari basis data secara menyeluruh. DDL (Data Definition Language) dapat dipakai untuk membuat tabel baru, memuat indeks, maupun mengubah tabel. Hasil dari kompilasi DDL akan disimpan di kamus data. Itulah definisi dari DDL.

2. DML (Data Manipulation Language)

Dan yang kedua adalah DML atau kepanjangannya Data Manipulation Language, yaitu dipakai untuk memanipulasi daan pengambilan data pada suatu basis data, misalnya seperti penambahan data yang baru ke dalam suatu basis data, menghapus data pada suatu basis data dan mengubah data pada suatu basis data. Itulah definisi dar DML.

Contoh DBMS
1. MySQL
2.Oracle
3.potagres
4.Maria DB
dll


Jadi langsung saja Untuk Menampilkan Database pada CMD

1. Pertama harus download dan Install dulu XAMPP nya atau bisa di download  Disini
2. Setelah diinstall Kemudian buka Xmapp nya.
3. Nah selanjutnya  Klik start Pada My SQL, seperti gambar dibawah


4. Kalau sudah Berjalan kemudian buka CMD nya dengan cara menekan Windows + R dan ketikan CMD atau Mengetik CMD pada kotak pencarian windows.
5. Nah Karna gaperlu ribet untuk mencari letak folder MySQL lewat CMD jadi langsung pergi Ke folder xampp nya > MySQL> Bin seperti arahan gambar 1 dan  kemudian Pencet Shift lalu Klik Kanan dan Pilih Open command windows here 

6. Nah selanjutnya akan muncul CMD, Terus ketikan Mysql -u root lalu enter


7. Dan terakhir Ketikan Show Databases; dan enter lagi ,

nah muncul nanti database yang ada di komputer anda . 
Sekian dari saya terima kasih

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.